Punya Duit Rp 2 Juta Kamu Bisa Mulai Bisnis Es Kopi Susu Kekinian

By Bli Admin 22 Apr 2018, 07:52:08 WIB Ekonomi
Punya Duit Rp 2 Juta Kamu Bisa Mulai Bisnis Es Kopi Susu Kekinian

Keterangan Gambar : Mark Zuckerberg


Jakarta - 

Tak perlu modal besar untuk memulai bisnis es kopi susu kekinian. Dengan modal maksmimal Rp 2 juta, kamu sudah bisa mulai bisnis es kopi susu kecil-kecilan.

Peminatnya yang banyak dan harganya yang tak terlalu mahal, membuat bisnis es kopi susu menjamur di mana-mana. Mengandalkan racikan sederhana yang menggabungkan kopi, susu dan gula aren, minuman yang satu ini popularitasnya kian meroket.

Modal Bisnis Es Kopi SusuModal Bisnis Es Kopi Susu Foto: Getty Images

Bagi yang tertarik untuk memulai bisnis es kopi susu kecil-kecilan, tak perlu khawatir karena bisnis ini bisa dimulai dengan budget minimalis. Tak perlu alat-lat canggih dan bahan-bahan yang mahal harganya.

Baca Lainnya :

    Ronald Prasanto selaku ahli kopi sekaligus co-founder roastery Kopi Pak Wawan, menyebutkan bahwa bisnis kopi susu ini bisa dimulai tanpa mesin kopi yang canggih.

    "Modal di bawah Rp 2 juta sudah bisa mulai bisnis es kopi susu kecil-kecilan. Tidak selalu harus pakai mesin. Bagi saya yang paling penting itu adalah adalah grinder, kopinya bisa dibuat dengan metode Cold Brew. Jadi perlu saringan dan penampung. Sama tentunya bahan-bahan baku seperti biji kopi, gula aren dan susu full cream," jelas Ronald.

    Modal Bisnis Es Kopi SusuModal Bisnis Es Kopi Susu Foto: Getty Images
    der sendiri merupakan alat penggiling biji kopi yang bisa menghaluskan biji kopi dengan tingkat kehalusan sesuai kebutuhan. Grinder ada yang manual dan ada juga yang elektrik. Harganya cukup murah, sekitar Rp 100.000 saja untuk yang manual. Sementara grinder listrik kisarannya dimulai dari harga Rp 250.000.


    Lalu alat penyaring kopi atau coffee filter harganya variatif dimulai dari angka Rp 50.000 saja. Ditambah dengan Coffee Server atau alat penampung kopi yang kisaran harganya Rp 80.000. Semuanya tersedia dan bisa dibeli via toko online dengan beragam pilihan harga.

    Untuk biji kopinya, kebanyakan es kopi susu menggunakan jenis kopi robusta yang harganya lebih terjangkau dibandingkan arabika. Satu kilogram biji kopi robusta kisaran harganya Rp 150.000 sampai Rp 160.000.

    Modal Bisnis Es Kopi SusuModal Bisnis Es Kopi Susu Foto: Getty Images


    "Untuk 1 gelas es kopi susu saya biasanya menggunakan sekitar 17 gram bubuk kopi. Jadi tinggal dibagi saja, satu kilogram itu bisa dapat sekitar 58 cup kopi,"

    Bahan-bahan pelengkap lain seperti gula aren dan susu UHT kisaran harganya sama terjangkau. 1 kg gula aren cair siap pakai kisaran harganya sekitar Rp 50.000, sementara kisaran susu UHT full cream per liternya sekitar Rp 15.000.

    Modal Bisnis Es Kopi SusuModal Bisnis Es Kopi Susu Foto: Getty Images

    Sisa modal yang tersedia bisa digunakan untuk membeli peralatan lain yang dibutuhkan seperti cup plastik dan tutupnya kisarannya Rp 500 per buah, sedotan, es batu, meja kecil untuk berjualan, banner, dan masih banyak lagi.

    "Jadi dibawah Rp 2 juta pun sudah bisa memulai bisnis kopi susu kecil-kecilan, yang terpenting punya grinder, penampungan dan saringan saja," pungkas Ronald.

    repost, sumber: https://food.detik.com/info-kuliner/d-5162848/punya-duit-rp-2-juta-kamu-bisa-mulai-bisnis-es-kopi-susu-kekinian




    Write a Facebook Comment

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    View all comments

    Write a comment